Tuesday, 26 February 2013

Cara Buat Roti Tawar Dengan Mudah

Pagi - pagi saya membuka email, dan ada email dari pembaca setia cantuk.com.  Bacaan begini : Mas, saya mau tanya nie ? Bagaimana sih cara buat roti tawar?  Dari pada dijawab di surat online, lebih baik dibagikan kepada semua teman - teman yang ada disini. O yah,  yang merasa sekarang membaca artikel dan persis menanyakan resep tersebut, hari ini cantuk.com sangat berterima kasih sudah mengajukan pertayaaan. Lansung saja  disimak dibawah ini:

Bahan - bahan yang harus dipersiapkan:
  • 7 ons tepung terigu.
  • 300 cc susu.
  • 75 gram margarine.
  • 75 gram gula.
  • 10 gram garam.
  • 3 telur ayam.
  • 10 gram gist.
  • 50 gram air hangat - hangat kuku.
  • 2 sendok teh gula pasir.

Cara membuatnya:
  1. Gist dan 2 sendok teh gula pasir direndam di air hangat - hangat kuku.
  2. Gula, garam, dan margarine ditaruh di panci.
  3. Tuangi susu yang sudah dipanaskan, adu sampai gulanya hancur dan margarinenya meleleh, jika cairan ini sudah hangat - hangat kuku, masukkan 1 ons terigu.
  4. Dengan kocokan  telur, kocok adonan ini sampai bagus dan rata.
  5. Masukkan cairan gist yang sudah diaduk - aduk, setelah rercampur, masukkan 3 ons terigu sedikit demi sedikit sambil dikopyok terus sampai  berbusa dan rata.
  6. Masukkan telur yang dikocok sampai berbusa dan kental sekali, kocok juga sampai telurnya tercampur rata lalu masukkan sisa terigu  sedikit demi sedikit sambil adonan dikocok terus. 
  7. Jika adonan sudah kental sekali dan kocokkan nya sudah terasa berat, boleh diaduk dengan centong kayu sampai menjadi adonan empuk dan sedang lemasnya, dan tidak boleh keras.
  8. Bila adonan sudah empuk dan masih ada sisa terigu, terigunya tidak usah dipakai, karena tepung ada 2 macam yaitu ada yang perlu banyak air dan ada yang tidak.
  9. Jika adonan sudah rata, diamkan selama 9 - 11 menitan, baru diuleni dengan waktu 9-11 menit.
  10. Setelah diuleni, bulatkan adonan dan letakkan di panci yang dasarnya sudah diolesi margarine, lalu angkat adonan ini, taburi  dasar panci dengan terigu, kemudian letakkan adonan yang bulat ini dengan dibalik (yang tadi diatas sekarang dibawah).
  11. Panci harus cukup besar, karena adonan ini melar. Panci ditutup, diamkan kira - kira 1 jam sampai adonan kira - kira menjadi 2 kali semula.
  12. Tekan bagian tengah adonan ini dengan kepalan tangan(tinju) sampai seluruh  tinju masuk di adonan, keluarkan tinjunya, lalu lipst seluruh pinggir adonan ke tengah /ke lubang, balik adonan, sehingga yang di bawah berada diatas, terlebih dahulu dasar panci ditaburi terigu, kemudian tutup panci, diamkan kira - kira 3/4 jam sampai mengembang lagi kira - kira menjadi 2 kali semula, tekan lagi adonan ini dengan tinju, lipat pinggir adonan ketengah, balik adonan dengan terlebih dahulu dasar panci ditaburi terigu , tutup panci.
  13. Diamkan lagi kira -kira  10 menit.
  14. Setelah itu adonan dapat dipulung - pulung atau dibentuk sesuka hati, letakkan di loyang yang sudah diolesi mentega, diamkan kira- kira 1 jam sampai melar lagi, olesi atasnya dengan telu yang sudah dikocok atau mentega cair, kemudian dipanggang di oven yang telah dipanaskan lebih dahulu. 
  15. Kira - kira setengah matang, beri apai atas, panggang sampai matang, lalu angkat.
Cara buat roti tawar ini memang banyak prosesnya, dan untuk pemula biasanya agar rumit. Kesulitan ini pun pernah saya alami juga saat belajar di rumah Chef Bagus di Penamparan Denpasar, tetapi ini bisa terarasi dengan sering - sering membuat.
Dan saya harap Anda mau belajar dan dapat menyelasaikan dengan hasil yang baik.

sumber: Pengalaman masak dengan chef Pak Bagus - Bali

No comments:

Post a Comment